Kamis, 30 September 2010

KREATIVITAS, PASAR DAN MEDIA

Rabu, 29 September 2010 - 08:12
Tegangan antara Kreativitas, Pasar, dan Media
oleh Satmoko Budi Santoso
Kap lampu dalam citra estetika Masmundari (almarhumah), seniman perempuan yang masih kreatif pada usia senja. Karya ini terpampang pada Biennale Jatim 2008. (foto: kuss)
PERBINCANGAN mengenai tegangan kreativitas, pasar, dan media memang tak pernah habis digali. Setiap seniman punya hak memaparkan perspektif. Upaya Indonesia Art News untuk menjaring pendapat seniman dari berbagai kota di Indonesia terus menuai hasil. Kini ada 2 seniman-dosen yang ditampilkan dalam kapasitas bingkai perbincangan mengenai kreativitas, pasar, dan media tersebut.

Di mata Andre Tanama, perupa dan dosen Seni Grafis, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta memandang nilai kreativitas adalah sesuatu hal yang berproses. Contohnya, perupa yang berjaya di usia tua tentu karena memiliki pondasi yang kuat dan kesiapan mental yang cukup. Tentu saja, mereka telah melalui perjalanan proses kreatif yang tidak instan.

”Laku prihatin dulu, berjuang keras, dan akhirnya menjadi bintang mungkin bisa menjadi pelajaran berharga bagi perupa muda. Meraih kejayaan memang tidak semudah diperoleh secara instan. Memang, sekarang, kondisi telah berkembang. Apalagi aspek teknologi, IT, dan jaringan sudah sangat terbuka. Tapi, pondasi yang kuat tetaplah perlu dibangun,” tutur Andre.

Untuk mendukung semua itu, maka layak jika infrastruktur senirupa jika perlu dibenahi, perlu sinkronisasi antara semua stake holders-nya. Tak bisa dihakimi salah satunya. Misalnya, ini yang salah institusi akademisnya, ini yang keliru galerinya, atau ini yang tidak profesional senimannya. Semua saling berkait. Ibarat gurita seni rupa. Salah di satu komponen, bisa merambah ke komponen lainnya. Oleh sebab itu pula, maka perlu adanya wadah semacam asosiasi. Kalau galeri ada Asosiasi Galeri Seluruh Indonesia (AGSI), mungkin bisa membuat Asosiasi Kolektor Seluruh Indonesia (AKSI). Bisa juga ada Asosiasi Seniman Indonesia (ASI), atau Asosiasi Institut Seni Indonesia (AISI). Semisal ada AGSI, AKSI, ASI, dan AISI bisa duduk bersama, mengevaluasi gejala-gejala yang kritis terhadap dunia seni rupa.

“Berkaitan dengan kreativitas pula, maka definisi karya yang berkarakter menurut saya tidak hanya pada aspek orisinalitas. Karena periode perkembangannya sudah sangat luas, maka akan sangat arogan jika kita bilang ini lukisan yang orisinal, belum ada yang gambarnya seperti ini. Konsepnya seperti ini. Karya yang berkarakter menurut saya yang sesuai dengan state of mind kita. Seraya tetap menjaga konsep, gagasan, kualitas karya, integritas berkarya, dan terbuka pada ide baru, serta terus mengembangkan intelektualitas,” papar Andre.

Dalam situasi seperti itu, posisi pasar menurut Andre memang seperti dua sisi mata uang. Bisa menjadi momok bagi kreativitas seniman perupa namun dapat juga menjadi pemicu kreativitas perupa. Kembali pada pondasi dan bekal yang dimiliki perupanya. Apakah ia dikontrol pasar, atau pasar yang ditaklukkan perupa. Namun, jika melihat keadaan pasar kini, sepertinya hegemoni pasar sangatlah kuat. Hingga banyak karya yang terintervensi baik secara visual, gagasan, maupun medianya.

Dalam kaitan itu pula, sebagai bagian dari infrastruktur senirupa yang sangat penting kehadirannya, di mata Raden Triyanto, dosen seni rupa Universitas Negeri Medan (Unimed) melihat posisi media seni rupa cukup menarik diamati. Bagi Triyanto, di banyak media terutama nasional (Jakarta) hanya mengenal segelintir penulis seni rupa. Akibatnya, baik bahasa dan gaya pembahasannya terlihat menjadi monoton. Belum lagi penggunaan pilihan kata yang sulit dicerna terutama oleh orang-orang yang jauh dari pusaran aktivitas seni. Padahal mereka juga mempunyai hak untuk tahu.

“Sebagai bahan bacaan bolehlah dikatakan sudah ada banyak pilihan. Dengan infrastruktur seni lainnya juga sebaiknya sinergis dalam satu simpaian (jalinan) erat. Begitu teori sosiologi seni mengajarkan. Jadi, dunia seni bukan hanya dibangun oleh seniman, tetapi juga adanya peran lembaga (galeri, sanggar, pendidikan), kritikus, kurator, media, pemerintah, dan pelindung seni,” ujar Triyanto, ”Kalau soal bisnis media cetak seni, wajar saja jika cukup sulit. Karena dunia seni masih diletakkan pada prioritas kesekian dari aktivitas kehidupan sehari-hari.” ***