Jumat, 18 Juni 2010

BaCAA BANDUNG








BANDUNG CONTEMPORARY ART AWARDS (BaCAA)




Bandung Contemporary Art Award bertujuan menggairahkan pengembangan seni rupa kontemporer di Indonesia, dengan berujung pada penempatan dalam peta dunia. Perhatian akan diberikan pada upaya memajukan partisipasi pemenang anugerah ini dalam ruang-ruang seni penting. Seniman yang dapat berpartisipasi dalam penganugerahan ini adalah seniman muda berbakat yang telah memamerkan karyanya di galeri-galeri mapan, ruang seni publik, atau ruang-ruang seni baru dengan program yang jelas.

ArtSociates telah setuju mengelola penganugerahan tersebut, menyediakan dana untuk anugerah pertama yang akan diberikan pada Januari 2011, dan mengatur pameran serta lelang. Meskipun anugerah ini awalnya akan diberikan kepada seniman Indonesia yang baru muncul (emerging artists), mekanisme anugerah ini dapat saja berkembang untuk mencakup seniman-seniman internasional, agar para seniman dan karya-karya seni Indonesia dapat berperanserta dan berkompetisi pada tingkat internasional.

Pemenang & Penghargaan

BaCAA diberikan setahun sekali; anugerah yang pertama akan diberikan pada Januari 2011. Satu orang pemenang akan memperoleh total Rp100.000.000,00. Tiga pemenang terbaik lainnya akan memperoleh paket wisata seni atau residensi seniman di Asia atau di Eropa. Akan dipilih 25 karya terbaik untuk disertakan dalam pameran dan dalam lelang setelahnya.

Persyaratan

Pendaftar untuk penganugerahan pada 2011 haruslah seniman atau kelompok seniman Indonesia yang tinggal di Indonesia dan secara aktif bekerja mengembangkan karier sebagai seniman rupa.
Para seniman atau seniman anggota kelompok peserta yang berpartisipasi dalam Anugerah ini haruslah berusia kurang daripada 40 tahun sebelum 1 Januari 2011. Para seniman atau kelompok seniman ini harus memiliki catatan berpameran setidaknya tiga kali dalam tiga tahun terakhir di tiga ruang-ruang seni yang baik yang telah disebutkan di atas.

Tema

Untuk anugerah pertama, tema tidak terlampau dibatasi tetapi mengacu pada kombinasi antara ide yang hebat dan eksekusi yang luar-biasa.

Prosedur dan peraturan

Karya seni yang dikirimkan dianggap oleh sang seniman atau kelompok seniman peserta sebagai karya terbaik yang dibuat dalam dua tahun terakhir sebelum 1 Januari 2011 atau karya yang dibuat tahun 2009 dan 2010. Karya seni tersebut harus dimiliki oleh seniman atau kelompok seniman dan bisa diikutsertakan dalam lelang. Paling banyak 1 karya seni untuk satu seniman atau kelompok seniman.

Dimensi karya 2D tidak lebih dari 6m2 (contoh karya dengan dimensi maksimum 2mx3m, 1.2mx5m, 4mx1.5m, dll). Untuk karya 3D, tinggi tidak lebih dari 3m sedangkan lebar x dalam tidak lebih dari 3m2 (contoh karya dengan dimensi maksimum: 3mx2mx1m, 3mx2mx1.5m, dll). Untuk video, durasi putar tidak melebihi 10 menit.

Dengan mengirimkan suatu karya untuk kompetisi, seniman atau kelompok seniman menyatakan setuju dengan peraturan anugerah ini. Untuk ikut serta dalam praseleksi kompetisi, seniman harus mengirimkan foto beresolusi tinggi dari karya seni tersebut bersama dengan portofolio (CV) terbaru seniman serta penjelasan singkat tentang karya oleh sang seniman.

Pengiriman dapat dilakukan secara elektronik atau melalui pos dalam cakram padat (CD), dan dikirimkan kepada penyelenggara. [Apabila dikirimkan secara elektronik, ukuran total dari foto dan portofolio harus kurang daripada 1 MB.]

Foto harus dalam format jpg dan diberi nama dalam format berikut:

• “Nama-seniman + judul-karya + tahun + media + ukuran (tinggi x lebar atau tinggi x lebar x dalam)”

• (contoh: Joko-Sumarjo Cahaya-di-ruang-kosong 2010 Paper-polyurethane-asphalt 150x200x10)
Nama berkas portofolio harus dalam format berikut:

• “Nama-seniman + kota-tempat-tinggal + tanggal-lahir”

• (e.g. Joko-Sumarjo Jogjakarta 1958-04-10)
Penjelasan singkat tentang karya seni tidak melebihi 300 kata, mengacu pada konsep yang mendorong sang seniman untuk membuat karya dan apabila diperlukan termasuk didalam-nya penggunaan artisan sebagai bagian dari konsep karya maupun pengerjaan karya.
Berdasarkan foto dan portofolio seniman, Juri akan menyeleksi paling banyak seratus (100) peserta dan meminta mereka untuk mengirimkan karya seninya kepada pengelola.

Tenggat pengiriman

Foto karya, diskripsi konsep karya dan portofolio seniman harus diterima sebelum 1 September.
Paling banyak seratus (100) karya seni yang terseleksi harus diterima sebelum 1 November.

Juri

Anggota Juri dalam kompetisi ini akan bertindak sebagai anggota selama dua tahun berturut-turut. Untuk menggairahkan perkembangan dan perpanjangan ke arah suatu perhelatan internasional, suatu Dewan Juri berikutnya akan dibentuk dengan mempertimbangkan rekomendasi Dewan Juri dari dua tahun sebelumnya. Untuk dua tahun pertama, anggota Dewan Juri adalah
1. Agus Suwage (Perupa)
2. Carla Bianpoen (Art Jurnalis)
3. Hendro Wiyanto (Kurator)
4. Mella Jaarsma (Perupa)
5. Rifky Effendy (Kurator)
6. Syakieb Sungkar (Kolektor Seni)
7. Wiyu Wahono (Kolektor Seni)

Pengumuman & Pameran

Pengumuman hasil seleksi 25 karya terbaik akan diterbitkan di media massa dengan pemberitahuan kepada sang seniman selambatnya 1 Desember; nama pemenang akan tetap dirahasiakan dan diumumkan saat pembukaan pameran. Ke-25 karya seni yang terseleksi akan dipamerkan di Lawangwangi pada bulan Januari/Februari 2011.

Lelang

Untuk penganugerahan pertama, pada akhir pameran, karya-karya seni akan dilelang oleh Ms. Deborah Carr Iskandar, sebagai suatu acara khusus Sothebys untuk memamerkan dan mempromosikan para seniman serta karya-karya mereka. Setengah keuntungan lelang akan diberikan kepada seniman, dan sisanya untuk dana yang dikelola dan didedikasikan untuk Anugerah Seni ini.

Penyelenggara

Untuk dua tahun pertama, BaCAA diorganisasi oleh ArtSociates dengan alamat.

Lawangwangi
Jl. Dago Giri 99, Warung Caringin, Mekarwangi, Bandung, 40391, Indonesia
Phone. +62 22 250 4065, Fax. +62 22 250 4105
E-mail. bacaa@artsociates.com
www.artsociates.com/BaCAA